Tata Bahasa Korea Ujian TOPIK -거나 atau


Tata Bahasa Korea Ujian TOPIK -거나 atau


토요일에는 여행을 하거나 책을 읽어요.
Pada hari Sabtu saya berwisata atau membaca buku.

아프거나 힘들 때는 어머니 생각이 나요.
Ketika sakit atau sulit saya selalu teringat ibu saya.

외출할 때는 모자를 쓰거나 선글라스를 낀다.
Ketika pergi keluar saya memakai topi atau memakai kacamata.

무리하면 피곤하거나 해서 몸이 약해진다.
Jika terlalu dipaksa tubuh bisa juga kelelahan dan menjadi lemah.

누가 뭘 부탁하거나 하면 거절을 못 하겠어요.
Saya tidak bisa menolak jika seseorang meminta tolong sesuatu.

일을 해서 돈이 생기거나 하면 옷 사는 데 다 써버려요.
Saya bekerja dan menghasilkan uang lalu hampir menggunakan semua uang saya untuk membeli baju

믿거나 말거나.
Percaya atau tidak percaya.

누가 보거나 우리는 질서를 지켜야 합니다.
Ada yang melihat atau tidak kita tetap harus menjaga kedisiplinan.

무엇을 하거나 간에 열심히 하세요.
Apapun itu harus dilakukan dengan rajin.

----------
Pusat Pelatihan Bahasa Korea
KOREAN CENTER INDONESIA
Korea Selatan, Yogyakarta, Bali
KakaoTalk : korean_center
SMS/WA (+62)821-3755-2589

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post