인도네시아어 문법 연습 Latihan > Pasif, ke-an


인도네시아어 문법 연습 Latihan > Pasif, ke-an



A. Pilihlah kalimat yang bendar!

1. a. Siapa yang dipanggil Anton? - Emi.
b. Siapa dipanggil Anton? - Emi.
c. Yang siapa dipanggil Anton? - Emi.
d. Siapa yang Anton dipanggil? - Emi.

2. a. Apa dibeli Melody kemarin? - Batik
b. Dibeli apa Melody kemarin? - Batik.
c. Apa yang dibeli Melody kemarin? - Batik
d. Apa yang Melody dibeli kemarin? - Batik.

3. a. Apa yang paling disukai Anda? - Makanan gado-gado.
b. Apa paling menyukai Anda? - Makanan gado-gado.
c. Apa paling Anda sukai? - Makanan gado-gado.
d. Apa yang paling Anda sukai? - Makanan gado-gado.

4. a. Yang apa hams saya lakukan, Pak? - Pergi ke Kantor Intemasional.
b. Apa yang harus saya lakukan, Pak? - Pergi ke Kantor Internasional.
c. Apa harus saya lakukan, Pak? - Pergi ke Kantor Internasional.
d. Apa yang saya harus lakukan, Pak? - Pergi ke Kantor Internasional.

5. a. Siapa yang membeli roti ini? - Jessica.
b. Siapa yang dibeli roti ini? - Jessica.
c. Apa yang dibeli roti ini? - Jessica.
d. Siapa yang roti ini dibeli? - Jessica.

B. Pilihlah bentuk kata yang benar!

1. Saya akan (mencetak, mencetakkan, dicetakkan, cetakkan) foto-foto ini ke "Artha Photo" di Jalan Kaliurang.
2. Tidak masalah. Saya akan (bawa, membawakan, dibawakan, bawakan) dia buku-buku ini.
3. Kalau matamu sakit, (memeriksa, memeriksakan, periksakan, diperiksa) saja ke dokter mata! Di kota ini banyak dokter spesialis mata.
4. Hari ini saya harus (mencuci, mencucikan, cucikan, dicucikan) pakaian ke tukang cuci pakaian.
5. Andi: (sedang mencetak dokumen dengan printer di rumah kosnya)
Anton: Anda sudah selesai mencetaknya?
Andi: Belum. Kenapa?
Anton: Kalau sudah selesai, tolong (mencetak, mencetakkan, cetakkan, dicetakkan) PR-ku ini! Besok saya hams mengumpulkan PR ini.
6. Beberapa teman di ruang minum membicarakan berita di koran, tetapi saya tidak tahu berita mana yang (mereka bicarakan, mereka membicarakan, mereka bicara, bicarakan).
7. Tom, surat ini sebaiknya (mengeposkan, diposkan, poskan, pos) hari ini supaya besok lusa sudah diterima oleh direktur perusahaafi itu.
8. A: Untuk apa Anda pergi ke toko telepon seluler (hp)?
B: Untuk (menyervis, menyerviskan, diserviskan, serviskan) telepon seluler saya.
9. Saya akan membelikan temanku makanan, tetapi saya belum tahu ke toko mana makanan itu (saya akan membeli, saya akan beli, akan saya beli, dibeli saya).
10. A: Maaf, tadi saya bangun (siang, kesiangan, pagi, kepagian) sehingga saya tidak sempat menghubungi Anda sebelum berangkat ke kantor.
B: Tidak apa-apa. Yang penting pagi ini Anda tidak terlambat sampai di kantor.


C. Buatlah pertanyaan berdasarkan jawaban yang diinginkan. Gunakan kata tanya di awal kalimat. Perhatikan konteks kalimat yang diberikan!


Contoh:
Jessica membeli buku novel di toko buku Gramedia dua hari yang lalu. (Buku novel)
→ Apa yang dibeli Jessica di toko buku Gramedia dua hari yang lalu?


1. Semua orang menginginkan hidup tenang dan bahagia. (tenang dan bahagia.)
→ Apa yang didinginkan semua orang?

2. Banyak orang mencari buku baru itu di toko buku Toga Mas. (Buku baru itu)
→ Apa yang dicari banyak orang di toko buku Toga Mas?

3. Bapak saya mencari buku baru itu di toko buku Toga Mas. (Bapak saya.)
→ Siapa yang mencari buku baru itu di toko buku Toga Mas?

4. Anda harus memperhatikan mereka. (Mereka.)
→ Siapa yang harus Anda perhatikan.

5. Kami akan segera mengerjakan latihan ini nanti malam. (Latihan ini)
→ Apa yang akan segera kami kerjakan nanti malam?

D. Lengkapi kalimat di bawah ini dengan menggunakan yang dan bentuk pasif (kontras aktif dan pasif). Gunakan kata kerja yang telah disebutkan pada bagian kalimat sebelumnya.

Contoh:
Joko: Kelihatannya dia sedang mengetik, ya.
Siti: Ya, sejak tadi dia mengetik, tapi saya tidak tahu apa yang sedang ditiknya.

1. Beberapa orang itu mau membeli keramik, tetapi mereka belum menentukan keramik mana yang dibelinya.

2. Saya mau mengundang teman-teman ke rumah saya, tetapi saya bingung teman-teman mana yang saya undang.

3. Sean: Kami mau mengunjungi objek wisata di Yogyakarta.
Tutor: Objek wisata mana?
Sean: Kami belum menentukkan objek wisata mana yang kami kunjungi.

4. Tutor: Anda tahu bahwa di Yogyakarta beberapa candi terkenal?
Kim: Ya, saya tahu. Ada Candi Prambanan, Borobudur, Ratu Boko, Mendut, dan sebagainya.
Tutor: Anda tidak ingin mengunjunginya?
Kim: Tentu. Minggu depan saya dan teman-teman akan mengunjunginya, tetapi saya belum tahu mana yang kami kungjunggi.

E. Ubahlah kata dasar berikut ini sesuai dengan konteks kalimat yang diberikan. Satu kata dasar mempunyai empat kem니ngkinan bentuk, misalnya (bersih) -> bersih, membersihkan, dibersihkan, bersihkan

Contoh:(bersih)
Setiap pagi Pak Agung, pegawai Inculs, membersihkan lantai ruang kelas ini. Ketika mahasiswa masuk kelas, ruang kelas ini kelihatan bersih. Walaupun demikian, pada sore hari biasanya kelas ini tampak kotor lagi. Kalau Anda melihat kotoran di kelas ini, Anda bisa minta tolong Pak Agung unt니k membersihkannya. Anda bisa mengatakan kepadanya, "Pak Agung, tolong bersihkan lantai kelas kami!"


1. Dia (coklat) mencoklatkan rambut hitamnya ke salon supaya warnanya seperti teman dari Jerman itu.
2. Pada tahap terakhir proses pembuatan batik, kain (masuk) dimasukkan dalam air mendidih supaya malam (=wax)nya mencair dan terlepas dari kain.
3. Tom, tolong (pos) poskan surat ini hari ini supaya besok lusa sudah diterima oleh direktur perusahaan itu!
4. Saya belum biasa menggunakan ponsel (telepon seluler) ini. Tolong, (jelas) jelaskan bagaimana cara menggunakannya!
5. Setiap orang yang merasa terinfeksi virus itu dapat (periksa) memeriksakan dirinya ke dokter rumah sakit terdekat. 
6. Saya kira prestasi Anda masih dapat Anda (tingkat) tingkatkan lagi.
7. "Dosen kita meminta tolong Anda untuk memfotokopi artikel itu. Apakah dia sudah Anda (fotokopi)fotokopikan?", kata Diana kepada Anton.
8. Karena adiknya tidak dapat mengambil buku di atas lemari, Diana (ambil) mengambilkannya. Adiknya senang karena buku itu telah (ambil) diambilkan untuknya.
9. Polisi (berhenti) memberhentikan mobil yang lewat di depan saya karena dia melanggar peraturan lalu lintas.


F. Berilah afiks yang cocok pada kata-kata yang be rad a di dalam kurung. Gunakan pilihan afiks: me-kan, -kan,atau di-kan.


Contoh: Bu Wulan sedang (beli) ........ anaknya roti.
= Bu Wulan sedang membelikan anaknya roti.


Rumahku dekat Sungai Ciliwung. Setiap pagi akk selalu (bangun) dibangunkan (1) oeh suara burung-burung. Akk ingin sekali mengamati burung-burung itu. Ketika ku(tanya) tanyakan (2) pada Bapak burung apa itu, Bapak menjawab, "Hm, jenis burung itu banyak. Harus kita lihat dulu dengan alat terong (=
teleskop kecil), baru diketahhi apa jenisnya.”
Suatu Minggu pagi, keinginanku meneropong (= melihat dengan alat teropong) burung itu terlaksana. Bapak meminjam teropong dari kantornya. Aku, adik, dan Bapak berjalan menuju Sungai Ciliwung. Bapak (ingat) mengingatkan (3) kami untuk membawa pensil dan buku catatan. Kami diminta menggambar dan mencatat ciri-ciri burung yang kami lihat: apa warnanya, paruhnya seperti apa, dan lain-lain.
Di sepanjang perjalanan Bapak sering (arah) mengarahkan (4) teropongnya ke pohon yang rimbun (= banyak daunnya) untuk mengintip ada burung atau tidak. Tiba-tiba terdengar suara kicau burung di sebuah pohon. Bapak menyuruh kami diam dan kami diminta agar teropong itu (arah) dianrahkan (5) ke pohon itu.


G. Buatlah kalimat dengan kataᅳkata yang tersedia di bawah ini! Satu kalimat minimal 6 kata.

Contoh: dipillhkan, kain batik
→ Kain batik yang bermotif daun itu sudah dipilihkan untukku.

1. mencetakkan, foto-foto saya
→ Saya pergi ke toko foto untuk mencetakkan foto-foto saya.

2. videokan, pesta ulang tahunnya
→ Hari ini pesta ulang tahun adik saya. Jadi ayah saya meminta kepada saya, "Dodi, videokan pesta ulang tahunnya!"

3. memesankan, makanan
→ Saya akan memesankan adik saya makanan ini ke parsley di Jalan Solo.

4. kehujanan, HP-ku
→ HP-ku kehujanan. Jadi sekarang tidak bisa saya menghidupkan HP-ku.

5. ketinggalan berita
→ karena teman saya tinggal di Jogja selama 10 tahun lebih. Jadi, Dia ketinggalan berita tentang situasi Korsel dan Korut.

6. serviskan, HP-mu
→ HP-mu kehujanan. Serviskan HP-mu kepada teknisi HP.

----------
Pusat Pelatihan Bahasa Korea
KOREAN CENTER INDONESIA
Korea Selatan, Yogyakarta, Bali
KakaoTalk : korean_center
SMS/WA (+62)821-3755-2589

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post