인도네시아어 문법 연습 Berilah afiks me-kan, di-kan dan ke-an!



인도네시아어 문법 연습 Berilah afiks me-kan, di-kan dan ke-an!


Berilah afiks me-kan, di-kan dan ke-an!

Selamat Setelah Hilang 15 Hari

Keberuntunganlah yang (selamat) menyelamatkan dokter Juliana Carolus, Kepala Dinas (sehat) kesehatan Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku, dan lima anggota stafnya. Mereka (temu) ditemukan dalam keadaan selamat setelah hilang di laut selama 15 hari dalam perjalanan dari Saumlaki ke Kormomolin. Mereka sudah dievakuasi ke Ambon untuk (pulih) memulihkan kondisi fisik dan psikis.

Juliana beserta lima anggota stafiiya, Nel Tulalean, Maikel Jilfiifin, Dani Ariesan, Adebu Rahanluan, dan Sami Jabar, (temu) ditemukan oleh nelayan di perairan laut Pulaii Trangan di antara Papua dan Australia. Pulau ini beijarak 320 mil arah timur Saumlaki, Maluku Tenggara Barat.

Kapal motor yang dinakhodai Samsudin menolong mereka dan mengevakuasinya ke Dobo, ibu kota Kabupaten Maluku Tenggara. Di sana korban diperiksa dokter dan (izin) diizinkan beristirahat di penginapan, tidak perlu di rumah sakit, karena kondisi (sehat) kesehatan mereka bagus.

Keenam korban itu dievakuasi ke Ambon dengan menggunakan pesawat. (datang) Kedatangan mereka disambut rasa bahagia dan haru oleh keluarga dan sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi Maluku. Keluarga Juliana yang menunggu sejak pagi di bandara memeluk saudaranya itu sambil menangis.

selamat : "~가 발견한 것"이므로 능동태
sehat : 부서 이름이므로 명사 건강이 와야 하므로 kesehatan
temu : "그들이" 발견된 것이므로 수동태
pulih : 주어가 mereka이고 "신체적, 정신적 건강의 회복을 위하여"로 해석되므로 능동태 동사 memulihan
temu : 어부에 의해 발견된 것이므로 수동태 ditemukan
izin : 쉴 것을 허락 받았으므로 수동태 diizinkan. mengizinkan은 허락하다의 뜻
sehat : mereka의 소유격이므로 명사 kesehatan이 와서 "그들의 건강상태는 양호하므로"로 해석됨.
kedatangan : mereka가 왔으므로 소유격이 되므로 명사 kedatangan이 와야 함.

----------
Pusat Pelatihan Bahasa Korea
KOREAN CENTER INDONESIA
Korea Selatan, Yogyakarta, Bali
KakaoTalk : korean_center
SMS/WA (+62)821-3755-2589

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post