인도네시아어 공부 - 명령문 쓰기 연습




인도네시아어 동사의 3종류 : 원형동사, ber-동사, me-동사


명령문

주어를 안쓰고 동사로 시작한다.
me-동사는 me-가 떨어진다. ex) mencuci > cuci
tolong을 사용하여 완곡하게 표현하기도 한다.


  Isteri Pak Roni, ibu Ayu, dan kedua anaknya, Hari dan Tika, sedang pergi ke Bali karena adik ibu Ayu akan menikah di sana. Mereka pergi pada hari Rabu lalu. Mereka tidak akan kembali sampai minggu depan. Pak Roni tidak ikut dengan mereka karena dia harus bekerja. Dia tidak bisa mengambil cuti karena ada banyak pekerjaan di kantor. Dia sedang sibuk sekali di kantor.

 kedua : ke 강조, 두 아이 모두가 / adik 동생/ menikah 결혼하다. / sana 거기 (sini 여기) / depan 앞 / sampai minggu depan 다음 주까지 ikut 따르다. / mengambil 취하다. 갖다. / cuti 휴가 / banyak (형) 수, 양이 많은 / pekerjaan 직업, 일 / sibuk 바쁜 / sekali (부) 매우

   Hari ini hari Jumat. Tidak seperti biasa, Pak Roni pulang jam 21.00. Dia pulang terlambat karena ada hujan lebat dan jalan macet. Sebelum masuk ke dalam rumah, dia berkata kepada sopirnya, "Jangan lupa, besok pagi cuci mobil."

seperti ~같은 / biasa 평소 / terlambat 늦게 / hujan 비 / hujan lebat 큰 비 / macet 막히다. / sebelum ~하기 전에 / masuk 들어가다. berkata 말하다. = biling / kepada ~에게 / Jangan ~하지 마.(금지, 명령) 명령문에서의 금지 표현 / lupa 잊다. / cuci 씻다.

   Pak Roni memanggil Tuti, pembantunya, dan berkata "Tuti, ada yang bocor di rumah?" Kemudian Tuti menjawab, "Tidak ada, Pak." Pak Roni merasa haus. Kemudian dia berkata kepada pembantunya, "Tuti, tolong ambilkan segelas air putih!"

memanggil 부르다. / berkata 말하다. / bocor 새다. / kemudian 그리고 나서 / menjawab 대답하다. / merasa 느끼다. / haus 목마름 / tolong 돕다. (나를 위해서 ~를 해 달라.) / ambilkan 가져다 주다. / putih 하얀, 흰 / air putih 생수 (air minum 식수)

  5 menit kemudian Tuti datang membawa segelas air putih dan berkata kepada Pak Roni, "ini Pak, silahkan minum!" Kemudian Tuti juga berkata, "Bapak mau makan?"

  "Ya, tolong siapkan makan malam!" jawab Pak Roni.

kemudian 후 / datang membawa 가지고 오다. / silahkan (권유) ~하십시오. / juga 또한 / jawab 직접 인용문을 먼저 쓰면 "인용문" + 동사원형 + 행위자

* mohon (청유, 정중한 표현) ~ 해 주십시오. 해 주시기 바랍니다.

   Jam 23.00 Pak Roni selesai makan dan membaca koran. Dia mau tidur karena sudah mengantuk dan capek. Sebelum dia masuk ke kamarnya, dia berkata kepada Tuti, "Tolong matikan televisinya, saya mau tidur!"

  "Baik, Pak. Selamat malam!"

  "Ya, dan jangan lupa kunci pintu-pintunya!"

 selesai 끝나다. / membaca 읽다. / koran 신문 / mengantuk 졸리다. 졸다. / sebelum 전에 / kamarnya 그의 방 / matikan 끄다. mematikan. mati 죽다(사람에게는 안쓴다.) / kunci 잠그다 / pintu 문 pintu-pintu 문들

Dia mengambil segelas air. 그는 물 한잔을 가져 왔어요. = Dia mengambil segelas air untuk saya.
Dia mengambilkan saya segelas air. 그는 나에게 물을 가져다 주었어요.

Mari kita. 다같이 ~ 하자. Let's
Mari kita pulang. 다같이 집에 가자.
Mari kita makan. 다같이 먹자.

----------
Pusat Pelatihan Bahasa Korea
KOREAN CENTER INDONESIA
Korea Selatan, Yogyakarta, Bali
KakaoTalk : korean_center
SMS/WA (+62)821-3755-2589

2 Comments

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post