Kuliah di Korea - Informasi VISA Korea Selatan Jenis VISA


Kuliah di Korea - Informasi VISA Korea Selatan Jenis VISA


Visa Wisata dan Bisnis
Warga dari negara yang tidak termasuk dalam Perjanjian Bebas Visa dan Prinsip Timbal Balik dan Kepentingan Negara harus memiliki visa terlebih dahulu untuk memasuki Korea. Warga dari negara yang diberikan akses masuk bebas visa atas persetujuan Prinsip Timbal Balik (Tabel 4) harus memohon pembuatan visa jika berencana untuk tinggal lebih lama dari yang diijinkan. Proses permohonan visa biasanya membutuhkan 3-4 hari, tapi dapat berubah sehubungan dengan keadaan yang tidak dapat diperkirakan atau perubahan musiman.

Seluruh pemohon visa diwajibkan memberikan formulir aplikasi yang diisi lengkap, paspor yang sah, foto berwarna berukuran paspor (3.5cmx4.5cm) 6 bulan terakhir, dokumen lainnya yang ditentukan oleh status negara masing-masing, dan biaya pembuatan visa. Pemohon bisa saja diminta untuk memberikan dokumen tambahan jika diperlukan. Pemohon tidak diwajibkan untuk menunjukkan tiket keberangkatan. Kemudian, visa dapat diperpanjang hingga 90 hari. Seluruh visa, termasuk visa jangka panjang digunakan untuk kunjungan sekali (visa sekali masuk). Untuk visa bisnis, tujuan kunjungan harus dinyatakan dengan jelas pada formulir aplikasi visa.


Visa Kerja
Warga negara asing harus memiliki visa kerja untuk bekerja di Korea. Visa kerja biasanya sah hingga 3 tahun, sejak tanggal visa tersebut dikeluarkan. Visa kerja bisa diperoleh di negara asal pemohon dengan sponsor atasan di Korea. Warga negara asing yang bertempat tinggal di Korea harus memperoleh visa kerja dari kedutaan Korea atau konsulat di luar Korea. Proses aplikasi visa kerja biasanya membutuhkan waktu 1 -2 minggu, tapi bisa berubah tergantung status visa pemohon.

Lebih lanjut, warga negara asing yang bertempat tinggal dan bekerja di Korea harus memiliki ijin tinggal dari kantor imigrasi. Mereka yang terikat dengan kegiatan yang menguntungkan tanpa visa kerja dapat didenda atau, dalam beberapa kasus, dideportasi.

* Visa kerja pekerja  non-profesional sah hingga 3 tahun, dan bisa diperpanjang hingga setahun dan 10 bulan (total 4 tahun 10 bulan) dari pemohon yang sama. Visa kerja pekerja teknis atau profesional sah hingga 2, 5, 7 tahun, tergantung pekerjaan.

Aplikasi visa
-    Aplikasi visa Korea harus diselesaikan di kedutaan besar atau konsulat Korea di luar Korea.
-    Dokumen yang Diperlukan

  • Formulir aplikasi visa
  • Paspor
  • Foto warna berukuran paspor (3.5cm x 4.5cm) 6 bulan terakhir
  • Dokumen lainnya yang ditentukan oleh status negara pemohon
  • Biaya pembuatan visa (lihat di bawah)
Biaya pembuatan visa

  • Visa sekali masuk (kurang dari 90 hari): USD 30
  • Visa sekali masuk (lebih dari 90 hari): USD 50
  • Visa masuk beberapa kali: USD 80 (Warga Amerika Serikat: USD 45)**
  • Perpanjangan ijin masuk kembali: USD 20
  • Visa grup wisatawan Cina: USD 10 per orang

 ** Prinsip Timbal Balik, berlaku sejak 1994.
※ Negara di bawah Perjanjian Bebas Biaya Visa: Itali, Jepang, Spanyol, Taiwan, Ukraina, Inggris Raya (Silakan kunjungi situs Hi-Korea untuk informasi lebih lanjut).
※ Negara lain yang telah menandatangani perjanjian yang menyatakan ketetapan pembebasan biaya visa, juga bebas dari biaya pembuatan visa. (Misalnya Perjanjian Visa Wisata dan Kerja Korea-Kanada)


Perpanjangan Visa
Visa wisata bisa diperpanjang sehubungan dengan kondisi yang tidak dapat diperkirakan sebelumnya seperti kecelakaan, masalah kesehatan, pembatalan penerbangan, dan lain-lain. Pengunjung harus memohon perpanjangan visa di kantor imigrasi lokal. Permohonan perpanjangan visa harus disampaikan ke Hi-Korea (http://www.hikorea.go.kr) atau kantor imigrasi dua bulan pertama dari tanggal kadaluarsa visa yang ada.


Visa Republik Korea (Contoh)   


①     Nomor seri
②    Status: Jenis pemegang visa tergantung kegiatan atau status saat di Korea
③    Periode persinggahan: waktu yang diijinkan untuk tinggal dimulai dari tanggal masuk ke Korea
④    Jenis visa: (misalnya visa sekali masuk, visa beberapa kali masuk, dll)
⑤    Tanggal pengeluaran: tanggal visa dikeluarkan
⑥    Tanggal kadaluarsa: waktu sahnya visa (visa akan dianggap kosong secara otomatis setelah tanggal ini.)
⑦    Dikeluarkan di: Tempat visa dikeluarkan


----------
Pusat Pelatihan Bahasa Korea
KOREAN CENTER INDONESIA
Korea Selatan, Yogyakarta, Bali
KakaoTalk : korean_center
SMS/WA (+62)821-3755-2589

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post