Kuliah di Korea - Informasi dan Panduan Ujian TOPIK



Kuliah di Universitas Korea KCC Sejong - Informasi TOPIK


Dalam rangka meningkatkan kualitas belajar di Korea, pemerintah Korea mengharuskan mahasiswa asing untuk memiliki level tertentu kemampuan bahasa Korea. Mahasiswa yang tidak terlalu bisa berbahasa Korea dalam perkuliahan dan kehidupan sehari-hari akan mengalami kesulitan ketika belajar di Korea. Oleh karena itu, jika ingin berkuliah di perguruan tinggi reguler harus mengumpulkan sertifikat TOPIK minimal level 3 atau lebih bersamaan ketika mengumpulkan berkas persyaratan pendaftaran. Sebelum lulus harus mendapat level 4 untuk persyaratan lulus (kecuali untuk Sekolah Vokasi(diploma)).

Tetapi jika kelas menggunakan bahasa inggris maka harus mengikuti ujian kemampuan berbahasa inggris (TOEFL PBT 530, CBT 197, iBT 71, IELTS 5.5, CEFR B2, TEPS 600 atau ujian kemampuan bahasa yang setara) dan level 4 TOPIK tidak menjadi persyaratan kelulusan.

Persyaratan kemampuan berbahasa Korea akan berbeda untuk pertukaran pelajar, beasiswa dari pemerintah, beasiswa sponsor pemerintah luar, siswa pendaftar lembaga bahasa Korea, dan jurusan seni dan olahraga. Anda harus menghubungi universitas terkait persyaratan level kemampuan bahasa. Tujuan dari TOPIK adalah untuk mengarahkan mahasiswa asing yang tidak menggunakan bahasa Korea sebagai bahasa ibu mereka dan untuk mengukur kemampuan bahasa Korea mereka.
TOPIK telah dikelola oleh Korea Institute of Curriculum and Evaluation, tetapi sejak tahun 2011 ditransfer ke National Institute for International Education. Di Korea ujian diadakan di 36 universitas dan ujian juga diadakan di 70 negara yang terbagi di 200 daerah.

Jadwal ujian TOPIK diumumkan setiap tahun di website resmi TOPIK. Penilaian level untuk TOPIK dibagi menjadi TOPIK Ⅰ (Level 1 ~ 2) untuk pemula dan TOPIK Ⅱ (Level 3 ~ Level 6) untuk siswa tingkat menengah dan tinggi. Untuk informasi lebih lanjut tentang TOPIK lainnya, silakan kunjungi situs web TOPIK. (http://www.topik.go.kr)


----------
Pusat Pelatihan Bahasa Korea
KOREAN CENTER INDONESIA
Korea Selatan, Yogyakarta, Bali
KakaoTalk : korean_center
SMS/WA (+62)821-3755-2589

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post