Kuliah di Korea - Sistem Pendidikan Korea



Kuliah di Korea - Sistem Pendidikan Korea


Sistem pendidikan di Korea meliputi pendidikan sekolah dasar selama 6 tahun, SMP dan SMA selama 3 tahun dan perguruan tinggi selama 4 tahun terdiri dari 6-3-3-4 tahun akademik. Setiap semester dibagi menjadi 2 semester (semester 1: Maret~Agustus/ semester 2: September~ semester baru mulai), setiap sekolah biasanya ada dua kali libur Juli~Agustus dan Desember~Februari setiap tahunnya.

Pendidikan tinggi di Korea dibagi menjadi sekolah vokasi(2~3 tahun), perguruan tinggi(4 tahun), dan sekolah pasca sarjana. Akhir-akhir ini, cyber universities banyak menerapkan kuliah e-learning, yang didirikan dan dioperasikan sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dan sekolah pasca sarjana (master and doctoral degree) banyak ditawarkan di perguruan tinggi, tetapi akhir-akhir ini ada sekolah pasca sarjana yang hanya menawarkan sekolah pasca sarjana dan tidak menawarkan program sarjana. Universitas di Korea dibagi menjadi universitas nasional dan dikelola pemerintah, perguruan tinggi negeri yang didirikan dan dikelola oleh pemerintah daerah dan perguruan tinggi swasta didirikan dan dikelola oleh perusahaan swasta. Untuk menjamin kualitas pendidikan disetiap universitas, Kementerian Pendidikan Korea menyediakan peralatan untuk dosen, fasilitas, kurikulum dan penghargaan.

Semua universitas swasta merupakan institusi pendidikan tinggi reguler yang telah memperoleh izin pendirian setelah memenuhi persyaratan pendirian universitas yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Sains dan Teknologi. Universitas-universitas Korea termasuk Kementerian Pendidikan secara aktif mempromosikan mahasiswa asing untuk memperkuat daya saing internasional dan mempromosikan pertukaran dan kerja sama antara negara-negara.

Ada lebih dari 90.000 mahasiswa asing yang belajar di Korea pada tahun 2015, dimana sekitar 64.000 mahasiswa terdaftar dalam program sarjana.


----------
Pusat Pelatihan Bahasa Korea
KOREAN CENTER INDONESIA
Korea Selatan, Yogyakarta, Bali
KakaoTalk : korean_center
SMS/WA (+62)821-3755-2589

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post