Kuliah di Korea - Ingin Kuliah di Universitas Korea?


Kuliah di Korea - Ingin Kuliah di Universitas Korea?


1. Ingin Belajar/Kuliah di Korea

    Pada dasarnya jika ingin belajar/kuliah di Korea minimal harus memperoleh skor TOPIK level 3 ke atas (untuk teknik maupun bidang seni TOPIK level 2). Spring Semester (masuk bulan Maret) pengumpulan berkas pendaftaran kebanyakan dari bulan September- November, untukl Fall Semester (masuk bulan September) pengumpulan berkas pendaftaran kebanyakan dari bulan Mei-Juni. Karena setiap universitas berkas persyaratannya berbeda-beda maka pendaftar perlu mengecek kembali ke homepage universitas yang ingin dituju untuk mengetahui apa saja berkas yang dibutuhkan dan sampai kapan deadline pengumpulan berkas.

2. Ingin Belajar Bahasa Korea

     Di Korea sebelum masuk perguruan tinggi, jika perlu belajar bahasa korea anda dapat belajar bahasa korea di korean language institute (seperti kelas bahasa korea) di universitas yang anda tuju. Kelas bahasa korea ini dibagi menjadi kelas reguler dan kelas singkat. Kelas reguler biasanya diadakan selama 10 minggu setiap semesternya. Kelas reguler ada 4 semester yaitu spring semester, summer semester, fall semester dan winter semester. Kelas singkat setiap universitas ada kelas selama liburan 3 minggu, ada juga kelas selama liburan 6 minggu dll, setiap universitas memiliki program kelas bahasa yang berbeda-beda. Biaya kelas reguler sekitar 1.500.000~1.800.000 won (sekitar Rp. 16.500.000~Rp. 19.800.000) per semester. Setiap homepage universitas terdapat informasi program dan prosedur pendaftarannya. Pertama pilih universitas yang diinginkan kemudian anda dapat mendaftar melalui homepage universitas yang anda inginkan.

3. Informasi Jadwal Ujian dan Cara Mendaftar
    Ujian TOPIK setiap tahun diadakan sebanyak 6 kali (Januari, Maret, April, Juli, Oktober, November). Untuk detail tanggal bisa dicek langsung di homepage TOPIK pada awal bulan. Level ujian TOPIK dibagi menjadi TOPIK I untuk kelas pemula, TOPIK II untuk kelas menengah/tingkat tinggi. Level ditentukan oleh nilai hasil ujian yang didapatkan.

4. Ekstensi ke Universitas di Korea

    Pada umumnya penerimaan mahasiswa baru dan mahasiswa ekstensi dilaksanakan pada waktu yang sama. Setelah mencari universitas yang diinginkan anda dapat menyiapkan berkas sesuai dengan tata cara pendaftaran. Walaupun kualifikasi untuk mahasiswa ekstensi di setiap universitas berbeda, umumnya pendaftar dan orang tua pendaftar bukan merupakan warga negara Korea serta telah lulus SMA reguler baik dalam negeri maupun luar negeri , mahasiswa S1 yang telah berkuliah selama 2 tahun atau lebih dan ingin ekstensi di tahun ke 3, atau telah menyelesaikan sekolah di SD/SMP/SMA di luar negeri(selain Korea) yang mempunyai kurikulum yang sama dengan SD/SMP/SMA yang ada di Korea.

5. Informasi Visa Belajar

    Pendaftar yang sudah mendapat LoA (Letter of Acceptance) setelah menyiapkan berkas yang dibutuhkan untuk memasuki Korea anda harus mendapatkan visa pelajar dari embassy atau konsulat Korea yang ada di Indonesia. Mahasiswa asing yang ingin masuk sekolah biasa harus mendapat visa D-2 sedangkan untuk mahasiswa yang ingin masuk sekolah non-regular (seperti language training, cultural training, industry training) harus mendapat visa D-4.

Visa D-2 diterbitkan untuk:
- Orang yang ingin mengenyam pendidikan biasa (Sarjana, Magister, Ph. D) atau penelitian bidang khusus di sekolah vokasi, universitas, sekolah pasca sarjana yang didirikan berdasarkan undang-undang pendidikan Korea.
Visa D-4 diterbitkan untuk:
- Orang yang belajar di language course (어학원/ohakwon)
- Aktifitas yang terlibat dalam pendidikan, pelatihan atau penelitian di institusi pendidikan, dunia bisnis dan sekolah dan lagi lembaga pendidikan dan lembaga penelitian pendidikan memenuhi syarat untuk belajar di luar negeri (D-2)
- Mereka yang dididik di sebuah institusi selain institusi pendidikan memenuhi syarat untuk belajar di luar negeri (D-2)
- Orang yang sedang dalam pelatihan pengembangan teknologi, fitur di biro, lembaga penelitian publik ataupun lembaga pelatihan
- Orang yang dilatih atau magang (internship) atau terlibat dalam penilitian di investasi perusahaan asing atau perusahaan yang berinvestasi di perusahaan asing.


----------
Pusat Pelatihan Bahasa Korea
KOREAN CENTER INDONESIA
Korea Selatan, Yogyakarta, Bali
KakaoTalk : korean_center
SMS/WA (+62)821-3755-2589

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post