Events Pusat Budaya Korea Korean Center Bali


KCC Sejong sebagai pusat kebudaya Korea banyak mengadakan acara khusus agar bisa lebih dekat dengan teman-teman dari Indonesia. Kami mengenalkan budaya Korea melalui 2 perayaan hari raya Korea. Pada saat "Seol Nal (Imlek)" setiap tahun kami menyelenggarakan acara "Membuat Mandu dan Yutnori", sedangkan pada saat "Chuseok (hari Panen Korea)" kami mengadakan acara "Membuat Songpyeon dan Mainan Tradisional Korea". Selain itu, KCC Sejong juga mendampingi "Dongari (klub/ekstrakurikuler) Membaca Buku Korea", "Dongari Melipat Kertas (Origami)" dan "Dongari Cooking Class". Kemudian ada juga acara seperti "Nonton Darama Korea Bersama-sama", dan "Nonton Running Man Bersama-sama".

Kegiatan Pusat Budaya Korea KCC Sejong Jogja


Cooking Class Korea KCC Sejong

Kalau kita nonton Youtube sekarang ini banyak orang yang tertarik dengan makanan Korea seperti Samyang (불닭볶음면), Korean BBQ (삼겹살), Chimaek (치맥) atau biasa disebut ayam dan bir , dll.
Di jogja juga ada beberapa Restoran Korea yang hits seperti Daejanggeum, Musiro, Hanbingo, Jumbo Sikdang, Shilla, dan lain sebagainya. Kalau  teman-teman pengen makan makanan Korea, bisa banget tuh makan di restoran Korea di atas.
Tapi kalau bisa masak makanan Korea sendiri gak perlu dong repot-repot beli di restoran. Kalau belum tahu caranya teman-teman mungkin mengira memasak makanan Korea itu susah. Tapi, jangan khawatir!!!
Sebagai Pusat Budaya Korea yang ada di Yogyakarta, KCC Sejong akan membuka "Cooking Class Korea". "Cooking Class Korea" ini adalah salah satu program yang dijalankan secara teratur di KCC Sejong. Di kelas ini ada anak-anak jurusan Bahasa Korea UGM yang sudah pernah kuliah di Universitas di Korea dan ibu orang Korea asli yang cantik dan bisa berbahasa Indonesia, beliau akan menemani dan mengajari teman-teman memasak makanan Korea di "Cooking Class Korea" ini.

Biaya "Cooking Class Korea" yang dibuka sebulan sekali ini murah banget!!! Hanya  perlu membayar biaya bahan-bahan saja. Tentu saja, untuk Early Bird juga ada diskonnya!!!

Ingin tahu tentang "Cooking Class Korea" KCC Sejong??
Langsung hubungi kontak di bawah ini ya! ^^

KCC Sejong 0812-2592-7007 (WA dan Line)
Kak Momo 0812-2713-8824 (WA dan Line)

Jadwal 2017 Cooking Class Korea KCC Sejong
Tanggal Tema Pukul Biaya
Pre-Sale 1
Biaya
Pre Sale 2
Family
KCC Sejong
20 Mei Dakganggejong (닭강정) 11.00 ~ 13.00 Rp 35.000 Rp 40.000 Rp 30.000
15 Juli Kimbap (김밥) 11.00 ~ 13.00 Rp 35.000 Rp 40.000 Rp 30.000
19 Agustus Ddeokbokki (떡볶이) 11.00 ~ 13.00 Rp 35.000 Rp 40.000 Rp 30.000
21 Oktober Bibimbap (비빔밥) 11.00 ~ 13.00 Rp 35.000 Rp 40.000 Rp 30.000

Membaut Songpyeon Chuseok 추석 송편 만들기
30-September-2017
Membaut Songpyeon Chuseok 추석 송편 만들기
Semua anggota keluarga berkumpul untuk membuat Songpyeon

"Chuseok (추석, 한가위)" yang diadakan sebelum musim gugur usai adalah hari raya untuk memperingati hari panen pada tahun tersebut. Biasanya sesudah panen, rakyat Korea mengadakan sebuah perayaan untuk berterimakasih kepada nenek moyang mereka yang disebut dengan hari raya "Chuseok" ini. "Chu (추)" berarti musim gugur, sedangkan "Seok (석)" artinya "yang terbenam". Hal ini karena "Chuseok" biasanya dilakukan pada waktu yang mendekati penghujung musim gugur dan ketika musim salju akan dimulai. Tentu saja, pada waktu ini  untuk merayakan "Chuseok", banyak orang Korea mudik ke kampung halaman mereka untuk bertemu dengan sanak saudara. "Chuseok" ini juga dapat disebut dengan "한가위 (Hangawi)" yang merupakan bahasa Korea asli.
Meskipun Indonesia terletak di daerah tropis dan tidak memiliki musim gugur seperti Korea, di KCC Sejong kami mengadakan kelas membuat Songpyeon bersama teman-teman yang ingin bergabung agar dapat merasakan budaya Korea.
"Songpyeon" yang dibuat dengan cara dikukus ini adalah salah satu roti tradisional yang terbuat dengan tepung beras. Sedangkan untuk isi di dalamnya biasanya menggunakan kacang merah, wijen atau gula, dan lain sebagainya.
Pada waktu membuat "Songpyeon" semua anggota keluarga berkumpul sambil mengobrol. Seperti halnya tradisi di Korea, semua Family KCC Sejong berkumpul dan kita juga diharapkan dapat membuat "Songpyeon" bersama-sama sambil mengobrol.


KCC Sejong Family Party 2017 송년회
23-Desember-2017
"송년회" adalah pesta untuk meninggalkan akhir tahun

Setiap tahun, KCC Sejong mengadakan pesta untuk menutup 1 tahun yang telah berlalu dan membuka tahun baru dengan baik. Di Korea pesta ini disebut dengan "송년회 (Song-nyeon-hoi)". "송 (song)" berarti meninggalkan, "년" adalah tahun, "회" adalah pertemuan, yaitu pesta untuk meninggalkan tahun yang telah berlalu. Jadi bagi teman-teman KCC Sejong yang juga ingin merasakan suasana akhir tahun seperti di Korea, KCC Sejong akan menyelegarakan "KCC Sejong Family Party" sebagai "송년회" pesta akhir tahun ala Korea.
KCC Sejong Family adalah orang-orang yang berhubungan dengan KCC Sejong seperti murid-murid yang pernah belajar Bahasa Korea, pernah mengikuti acara KCC Sejong, guru-guru KCC Sejong, orang Korea sukalerawan, dll. Jadi, melalui pesta ini, KCC Sejong ingin mengucapkan terima kasih kepada Family KCC Sejong, dan akan menyajikan makanan Korea seperti Bulgogi (불고기), 떡볶이 (Teokbokgi), Kimci (김치), dan lain-lain.


Membuat Mandu Tahun Baru Seolnal 설날 만두 만들기
17-Februari-2018
Biasanya Orang Korea membuat Mandu pada Hari Raya Seolnal
Kalau ada hari raya Chuceok, ada juga hari raya Seolnal (tahun baru Imlek) di Korea. Pada hari raya Seolnal ini pula banyak sekali orang Korea yang pulang ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga di rumah dan bersama-sama membuat mandu. Tentu saja, mandu ini tidak hanya terdapat di Korea, tetapi juga terdapat di Cina, Jepang, Taiwan dan juga negara-negara lain. Tetapi, karena orang Korea sangat menyukai mandu, mereka tidak hanya membuatnya pada saat Seolnal saja, tetapi kapanpun ketika mereka ingin memakannya.
Di supermarket terdapat bermacam-macam jenis mandu beku (냉동 만두). Biasanya Mandu ini diisi dengan daging babi atau Kimchi. Kalau isinya daging babi, namanya Gogi Mandu (고기 만두), sedangkan kalau isinya kimchi, namanya Kimchi Mandu (김치 만두). Kemudian, sesuai dengan cara mengolahnya Mandu dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu 찐 만두 (Jjin Mandu) yang dikukus, 군 만두 (Gun Mandu) yang digoreng, dan 물 만두 (Mul Mandu) yang direbus, dan satu lagi yaitu 만둣국 (Mandugug) atau sup Mandu.
Pada hari raya Seolnal tahun 2018, KCC Sejong juga akan mengadakan acara "Membuat Mandu 만두 만들기". Acara ini rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 17 Februari 2018 dan akan mengundang teman-teman yang ingin mencicipi masakan tradisional Korea.


Keywords : KCC Sejong, Pusat Budaya Korea Sejong, Jogja, Yogyakarta, Les Bahasa Korea, Kursus Bahasa Korea, Bahasa Korea, di Jojga, Belajar di Korea, Bekerja di Korea, Korean Culture Camp, Terjemahan Bahasa Korea, K-POP, EPS-TOPIK, TOPIK, K-Drama, Lyris Bahasa Korea
Metatag : #kccsejong #kursusbahasakorea #lesbahasakorea #kursuskorea #leskorea #Yogyakarta #Jogja #lesprivatbahasakorea #klcsejong #kpop #dramakorea #budayakorea #pusatbudayakorea #cookingclass #koreanfood #kursuskoreajogja #ugm #ukdw #upn #bahasakorea #orangkorea #temankorea #belajardikorea #bekerjadikorea #topik #epstopik

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post